Rabu, 29 Agustus 2012

Trik n' Tips maen Twitter

Berinteraksi di Twitter memang gampang-gampang susah. Terkadang tidak semua tweet yang kita posting mendapatkan respon yang memuaskan dari follower kita. Daripada mengemis retweet, mencoba beberapa tips agar tweet kita semakin fantastis  lebih bermartabat untuk dilakukan.
Akan tetapi jika dengan hanya berorientasi meningkatkan kualitas tweet dirasa membosankan, Anda dapat memanfaatkan beberapa tool dibawah ini agar dapat memaksimalkan fungsi jejaring sosial Anda, dan membuat interaksi Anda di Twitter semakin meriah.
Seperti yang dikutip dari Social Media Today, berikut adalah beberapa tool yang direferensikan untuk Anda miliki agar Anda dapat menikmati pengalaman ber Twitter dengan semakin menarik:

  1. DASHBOARD: Jika Anda terbiasa menulis blog, Anda pasti sudah familier dengan Dashboard. Tool ini memungkinkan Anda memiliki kendali lebih untuk mengatur akun Twitter Anda, sehingga tampilannya dapat lebih istimewa jika dibandingkan akun Twitter pada umumnya. Cobalah aplikasi Tweetdeck dan Hootsuite, dan nikmati perbedaannya.
  2. GAUNG: Pelajari bagaimana tweet Anda ber”gaung” dengan menggunakan Tweetreach. Anda dapat menemukan url, nama Twitter, frase maupun hashtag, untuk menunjukkan berapa banyak user yang Anda capai, dari setidaknya 50 tweet topik yang telah Anda ciptakan. Anda dapat mengetahui seberapa besar pengaruh Anda kepada teman-teman Anda.
  3. WAKTU: Jadwalkan tweet Anda (Anda bahkan dapat terlihat tetap mengirimkan tweet meskipun saat Anda sedang offline). Gunakan aplikasi seperti Twittimer, yang memungkinkan Anda membuat jadwal untuk tweet-tweet Anda, kapanpun itu.
  4. UKURAN: Anda haus persaingan? Coba nilai seberapa tinggi nilai profil Twitter Anda dengan aplikasi TweetGrader. Dengan tool ini, Anda dapat membandingkan besarnya pengaruh profil Twitter Anda jika dibandingkan dengan jutaan pengguna Twitter lainnya yang juga sudah mengukurnya pengaruh profil akunnya.
  5. KOMUNITAS: Ciptakan klub di Twitter, dengan menggunakan tool seperti Twubs untuk mengundang teman-teman Anda ke sebuah percakapan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencari hashtag topik yang sedang trend saat ini, dan mengetahui siapa saja yang terlibat didalamnya.
  6. MONITOR: Evaluasi siapa saja yang meng-UNfollow Anda dengan tool WhoUnfollowedMe atau FriendorFollow. Selain Anda dapat mengetahui siapa saja yang unfollow Anda, Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang tidak mem-follow Anda kembali. Atau untuk notifikasi yang lebih aktual, gunakan aplikasi Qwitter untuk menerima pesan email setiap kali seseorang meng-UNfollow Anda.
  7. TREND: Anda dapat mencari tweet secara real time dengan menggunakan TweetGrid. Dengan tampilan penggunaan 10 topik yang sedang hangat diperbincangkan pada saat yang bersamaan, Anda dapat mengetahui trending topik saat ini.
  8. PERTUMBUHAN: Tambahkan tool WeFollow atau JustTweetIt untuk menemukan pengguna Twitter yang mem-follow topik yang sama, dengan cara cukup memasukkan suatu keyword tertentu. Dan Anda juga dapat memasukkan topik ciptaan Anda sendiri dalam daftar tersebut.
  9. LOKAL: Temukan pengguna Twitter lokal disekitar Anda dengan menggunakan NearbyTweets. Cari siapa saja yang dekat dengan posisi Anda, dan yang melakukan tweet dengan topik yang sama dengan Anda.
  10. HAPUS: Singkirkan follower Twitter Anda yang tidak aktif dengan menggunakan Twitoria. Dengan tool ini, Anda dapat mengetahui siapa-siapa saja yang dalam periode tertentu tidak aktif berinteraksi di Twitter.

Posting Komentar