Senin, 02 Juli 2012

Spanyol Juara Euro 2012










 



Spanyol berhasil mempertahankan gelar sebagai juara Eropa 2012. Hasil itu diperoleh La Furia Roja setelah di final mengalahkan Italia dengan skor telak 4-0.

Bertanding di Olympic Stadium, Kiev, Senin (2/7/2012) dinihari WIB, Spanyol lebih mendominasi permainan sejak awal pertandingan.

Statistik UEFA mencatat skuad besutan Vicente del Bosque ini memiliki penguasaan bola sebesar 52 persen dengan total 14 kali tembakan yang sembilan di antaranya mengarah ke gawang dan empat berujung gol. Sedangkan Italia 11 kali menembak dengan enam mengarah ke gawang.


Gol pembuka Spanyol dibuat David Silva pada menit 14 sebelum digandakan oleh Jordi Alba empat menit menjelang turun minum. Saat tertinggal cukup jauh, Italia justru kehilangan Thiago Motta yang cedera sehingga harus bermain dengan 10 pemain.

Walhasil, Spanyol pun lebih leluasa menambah pundi-pundi golnya. Dua pemain pengganti Fernando Torres dan Juan Mata sukses melengkapi kemenangan lewat gol-golnya di menit 84 dan 88.

Titel juara Eropa ini adalah yang ketiga diperoleh Spanyol sepanjang sejarahnya. Sebelumnya, El Matador sukses meraihnya pada 1964 dan 2008.

Susunan Pemain:
SPANYOL: Casillas; Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Busquets, Xavi, Xabi Alonso; David Silva (Pedro 59'), Fabregas (Torres), Iniesta (Mata 86')

ITALIA: Buffon; Abate, Barzagli, Bonucci, Chiellini (Balzaretti 21'); Marchisio, Pirlo, De Rossi; Montolivo (Motta 56'); Balotelli, Cassano (Di Natale 46')


Berikut ini akan dibahas bagaimana perjalanan Spanyol menuju final, seperti dilansir goal.com, mulai dari pertandingan grup, perempat-final, hingga semi-final. Apakah mereka layak untuk bisa memenangi kompetisi tahun ini?

Spanyol 1-1 Italia

Spanyol harus mengawali putaran Grup C dengan hasil imbang 1-1 lawan Italia, Minggu (10/6) malam.

Dalam pertandingan yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Euro 2012 ini, pelatih Spanyol Vicente del Bosque tidak menurunkan striker murni. Cesc Fabregas diposisikan sebagai "false 9", didampingi Andres Iniesta dan David Silva sebagai gelandang penunjang.

Italia unggul lebih dahulu melalui Antonio di Natale pada menit ke-60 setelah menerima umpan terobosan Andrea Pirlo dan melepaskan tendangan ke sisi tiang jauh gawang Casillas. Fabregas mampu menyamakan kedudukan empat menit berselang usai memanfaatkan umpan terobosan David Silva, yang sebelumnya bekerjasama operan dengan Andres Iniesta.

Hasil imbang membawa kedua tim menempati posisi kedua dan ketiga karena di pertandingan lain Kroasia menang 3-1.


Spanyol 4-0 Irlandia

Spanyol mulai menunjukkan penampilan ofensifnya di Euro 2012 dengan menumbangkan Irlandia 4-0, Senin (14/6) malam.

Del Bosque  menurunkan striker murni dalam pertandingan ini, dengan mempercayakan posisi kepada Fernando Torres, sementara Fabregas bermain melalui bangku cadangan. El Nino menyumbang dua gol, sementara dua gol lain dicetak Silva dan Fabregas.

Pada menit keempat, Silva melakukan penetrasi ke kotak penalti Irlandia yang sebenarnya mampu digagalkan Richard Dunne, namun bola muntah berhasil disambar Torres. Silva menggandakan keunggulan pada menit ke-49 memanfaatkan bola muntah tepisan Shay Given atas tendangan Torres. Pada menit ke-70, Torres kembali mencetak gol memanfaatkan umpan terobosan Silva. Fabregas melengkapi kemenangan telak dengan golnya di menit ke-83, yang mampu memanfaatkan umpan sepak pojok Silva.


Kroasia 0-1 Spanyol

Spanyol memastikan diri lolos ke babak perempat-final dengan status juara grup usai menundukkan Kroasia melalui gol tunggal yang dicetak Jesus Navas pada menit ke-88.

Dengan kekalahan ini, Kroasia harus tersingkir karena kalah bersaing dengan Italia yang di pertandingan lain menang 2-0 atas Irlandia.

Spanyol sebenarnya hanya butuh bermain imbang 2-2 untuk menyingkirkan lawan mereka di final. Namun, mereka tak hanya mengejar hasil seri. Kemenangan harus diraih untuk menunjukkan gensi sebagai salah satu kandidat sekaligus juara bertahan.

Gol Navas berawal dari pergerakan Iniesta yang terbebas dari jabakan off-side saat menerima umpan cungkilan dari Fabregas. Iniesta kemudian mengirimkan bola mendatar ke arah Navas yang sudah dalam posisi bebas dan tak terkawal menceploskan bola ke dalam gawang.


Spanyol 2-0 Prancis

Di babak delapan besar, Spanyol harus menghadapi tim kuat yang berstatus sebagai runner-up Grup D, Prancis. Dua gol dari Xabi Alonso, yang menandai caps ke-100 bersama timnas, memastikan tim Matador melenggang ke semi-final.

Dalam pertandingan ini, del Bosque kembali tidak menggunakan seorang striker di dalam skuad intinya, dan menjadikan Fabregas sebagai "striker palsu". Sementara Laurent Blanc secara mengejutkan tidak menurunkan Samir Nasri sebagai pemain inti.

Gol yang ditunggu-tunggu mulai datang pada menit ke-19. Berawal dari aksi Andres Iniesta yang memberikan umpan kepada Jordi Alba, yang mampu beradu cepat dengan Mathieu Debuchy sehingga menyebabkan pemain lawan terjatuh did ekat kotak penalti. Alba kemudian mengirimkan crossing ke sisi kanan, dan sudah ada Alonso yang melepaskan sundulan ke gawang.

Alonso kembali mencetak gol lewat titik putih saat pertandingan babak kedua sudah memasuki masa tambahan waktu. Berawal aksi Anthony Reveillere yang menjatuhkan Pedro di kotak terlarang. Tanpa salah, Alonso sukses menceploskan bola.


Portugal 0(2)-0(4) Spanyol

Spanyol akhirnya berhak melaju ke final usai menuntaskan perlawanan Portugal melalui adu penalti 4-2. Hingga pertandingan normal dan perpanjangan waktu, Kamis (28/6) dinihari WIB, tidak ada gol yang tercipta. Pengundian siapa yang menang dilakukan dengan adu tos-tosan.

Dalam pertandingan ini, del Bosque menggunakan seorang striker di depan. Bukan Torres yang dipilih sebagai starter, namun Alvaro Negredo. Pada menit ke-54, del Bosque baru memasukkan Fabregas dan menarik keluar Negredo.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan ke masing-masing pertahanan. Bintang Portugal Cristiano Ronaldo nyaris mencetak gol dalam pertandingan ini andai ia mampu melakukan penyelesaian akhir dengan maksimal.

Alonso, yang tampil sebagai penendang pertama Spanyol, gagal mengeksekusi penalti karena mampu dihalau Rui Patricio. Penendang pertama dari Portugal, Joao Moutinho, ternyata juga gagal karena mampu digagalkan Casillas. Kedudukan masih sama kuat.

Tiga penendang Spanyol berikutnya, Iniesta, Pique, Ramos berhasil menjalankan tugas. Demikian pula dua penendang Portugal berikutnya, Pepe dan Nani. Namun, Bruno Alves, yang harus bisa menceloskan bola untuk membuat kedudukan sama 3-3 justru gagal karena bola mengenai mistar gawang.

0 komentar: