Senin, 19 Maret 2012

Berhenti Menjadi Seorang Perfeksionis


Kita semua manusia memiliki kekurangan. Bahkan jika penampilan fisik Anda atau keterampilan sosial tidak sama dengan mereka, yang tidak harus berhenti Anda dari menjadi percaya diri. Begitu pula kita semua memiliki kelebihan masing-masing. Ini bisa membangkitkan percaya diri. Selanjutnya, percaya diri bisa menimbulkan perfeksionis. Kita terlalu percaya diri dan akan menciptakan sosok yang sempurna. Hati-hatilah!
  • Berhenti menjadi perfeksionis. Tidak ada yang sempurna. Standar yang tinggi memiliki tempat tertentu- misalnya saat melakukan operasi plastik, atau merancang bangunan – tetapi bila diterapkan ke bidang lain dalam hidup Anda (penampilan Anda, tampilan rumah Anda, hobi Anda, tulisan tangan Anda, dan sebagainya), Anda sebenarnya sedang mengundang kecemasan dan rasa tidak aman dalam hidup Anda. Itu tidak berarti Anda tidak harus memiliki standar yang sama untuk semua bidang. Ketika Anda mulai stres tentang rincian sejauhmana mencapai kesempurnaan hingga Anda selalu mengkritik diri sendiri. Hal ini menunjukkan Anda bertindak terlalu jauh. Santaaaiiii!
  • Ingat bahwa ada garis tipis antara percaya diri dan kesombongan. Menjadi percaya diri adalah dengan mengakui nilai yang melekat pada diri Anda. Menjadi sombong berpikir Anda lebih berharga daripada orang lain.
  • Jauhi orang-orang negatif, orang-orang yang selalu mengeluh tentang segala sesuatu dalam hidup mereka atau mereka yang menunjukkan kelemahan terkecil dalam diri Anda dengan niat untuk menyakiti Anda.
  • Jangan berharap semua hal akan selesai dalam semalam. Memerlukan proses dalam tahapan-tahapannya sendiri. Keyakinan secara bertahap harus dikembangkan dengan pola berpikir positif dan tindakan.
  • Dengan membantu orang lain dapat menjadi sumber kepercayaan diri. Bagi sebagian orang yang mengalami gejala kurang percaya diri, posisikan diri Anda dengan hitungan matematis: berapa banyak yang telah Anda lakukan untuk orang lain. Sangatlah mulia ketika ingin membantu orang lain, tapi itu sesuatu yang harus Anda lakukan karena Anda ingin, bukan karena Anda merasa Anda harus. Tindakan terbesar dari kebaikan adalah dilakukan dengan pilihan, bukan karena takut atau bersalah.
  • Jangan percaya diri secara berlebihan
    Hindari meniru teman atau idola Anda secara detail agar Anda menjadi yang terbaik sepenuhnya seperti orang tersebut. Ingat bahwa Anda adalah Anda, dan terimalah itu!
Semoga bermanfaat!

Posting Komentar